another society is possible
another society is possible

siapa

Roy Thaniago menulis dan meneliti hal seputar media, budaya, dan masyarakat. Ia mendirikan Remotivi pada 2010 dan menjadi direkturnya selama dua periode, yakni antara 2010-2015 dan 2018-2019.

Studi masternya ditempuh dalam bidang Kajian Media dan Komunikasi di Lund University (Swedia)—sambil menggelandang selama satu semester di University of Helsinki (Finlandia) dan menghabiskan satu musim panas di Aarhus University (Denmark). Ia menulis tesis berjudul “Disciplining Tionghoa: Critical Discourse Analysis of News Media During Indonesia’s New Order”—dan melulu sesumbar untuk menuliskannya ulang sebagai sebuah buku.

Pernah mengecer jasa mengajar musik agar studi sarjananya di bidang Musik tidak terlalu sia-sia. Pernah juga bekerja sebagai redaktur di KarbonJournal.org dan Majalah Bung!, keduanya terbitan ruangrupa.

Dalam dunia akademi, ia meminati topik-topik seputar etnisitas, nasionalisme, identitas, jurnalisme, citizenship, dan perubahan sosial yang beririsan dengan kajian mediatisasi, Teori Kritis, discourse, media practices, dan power and resistance. Di Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, ia mengampu kelas Sejarah Jurnalisme Indonesia, Etika dan Hukum Media Massa, dan Kajian Media Kritis.

Roy bisa dihubungi di halo [at] roythaniago.com. Setidaknya hanya ada dua kemungkinan kalau balasannya lambat: dilanda asmara pekerjaan atau diculik agen asuransi kesepian.

Di Jakarta, ia tak lagi tinggal dengan Plato, seekor pug.